Review Dracoola : Host Dengan Support Terbaik, Bagaimana Uptimenya?

Review Dracoola : Host Dengan Support Terbaik, Bagaimana Uptimenya? – Dracoola, adalah sebuah penyedia layanan hosting dan domain yang sedikit berbeda dengan penyedia layanan hosting lain yang memberikan embel-embel host, domain atau hoster pada nama provider mereka.

Dan menariknya lagi, meski sudah berdiri sejak tahun 2003, Dracoola tidak menawarkan sesuatu yang muluk-muluk sebagaimana penyedia hosting pada umumnya di tanah air. Disana tidak ada klaim server hosting tercepat, termurah, atau jaminan uptime 99,99% atau hal lain yang bernada persuasif.

Ya memang sangat menarik, seoalah-olah mereka mangatakan “Kami tidak memberikan janji tapi memberikan bukti”.

Oh ya hanya ada satu kalimat yang mungkin saja masuk dalam kategori klaim, yaitu “IMMORTALIZE YOUR SITE”, mungkin maksudnya kalau Anda menggunakan hosting dari Dracoola situs atau website yang Anda miliki akan kekal selayaknya drakula.

Review Dracoola
Review Dracoola

Keunikan yang lain dari Dracoola adalah tampilan dari websitenya, selain bernuansa horror, ternyata tampilan website Dracoola tidak responsive layaknya provider hosting lain, sehingga tidak nyaman untuk Anda pengguna ponsel.

Tapi tidak masalah karena kita akan membahas tentang layanannya, bukan tampilannya.

Pertama, Dracoola adalah penyedia hosting yang alamatkan Jl. Raya Mulyosari No.68, Kalisari, Kec. Mulyorejo, Kota SBY, Jawa Timur.  Dengan konsen layanan domain dan hosting dengan server yang berlokasi di Indonesia dan USA.

Kedua, Dracoola sangat berbeda dengan penyedia hosting yang penuh promo, atau janji-janji manis, Dracoola justru memberikan harga apa adanya tanpa ada promo-promoan, bahkan sedikit lebih mahal.

Ketiga, Dracoola terkenal dengan Support yang manusiawi, cepat dan efisien, tidak seperti penyedia lain yang tanya apa dijawab dengan Link panduan. Dan ini adalah salah satu alasan Dracoola sangat disukai.

Baik, mari kita jabarkan Kelebihan dan keurangan apa yang dimiliki oleh Dracoola Multimedia.

Kelebihan Menggunakan Dracoola Multimedia

Support yang Cepat dan Efisien

Nah mungkin Anda akan terkejut jika mencoba berkomunikasi dengan CS dari Dracoola. Karena mereka tidak menggunakan Nama Manusia seperti halnya Penyedia Hosting pada umumnya. Ya Dracoola emang beda. Mereka justru menggunakan nama samaran yang syarat dengan roh-roh halus “Arwahtawon” misalnya.

Tapi itu tidak penting, disini kita sedang menguji dan ingin tau bagaimana kualitas Support dari Dracoola, sehingga mereka mendapat label penyedia hosting dengan label support terbaik.

Dan ternyata benar, dari beberapa pertanyaan sepele hingga hal teknis mereka dapat menjawab kurang dari 5 menit dan dijawab dengan menggunakan bahasa manusia.

Bahkan, Dracoola menawarkan emergency support 24/7 untuk semua paket, bahkan untuk Anda yang berlangganan paket termurah dari Dracoola.

Dengan fitur ini, Anda bisa meminta online services sesegera mungkin, dengan cara mengirimkan SMS ke tim support Dracoola, dengan layanan ini Anda akan mendapat layanan lebih cepat.

Maka tidak heran banyak orang yang enggan pindah dari Dracoola meskipun harga yang ditawarkan sedikit lebih mahal dari penyedia hosting lain.

Hosting dengan Server yang Cukup Cepat

Ternyata selain support yang bagus, Dracoola juga memilik server dengan speed yang lumayan cepat.

Dalam pengujian server selama 5 bulan menggunakan tools site24x7 menghasilkan rata-rata page load time 1, 16 Detik.

gambar

Hosting yang Apa Adanya, Transparan.

Satu kalimat buat Dracoola adalah hosting yang tidak neko-neko.

Disana tidak ada biaya yang disembunyikan (ala-ala marketing), harga hosting yang ditawarkan pun flat, Anda mau berlangganan bulanan ataupun tahunan harganya tetaplah sama, artinya dracoola tidak melakukan permainan harga.

Dan yang sangat mengejutkan lagi adalahharga hosting yang ditawarkan olehkan Dracoola sejat 2008 hingga saat ini nyari tidak berubah sama sekali, ya kurang lebih begitu menurut situs Wayback Machine, pada 30 Juli 2008.

Anehnya meski beberapa waktu lalu sempat ada gonjang ganjing karena kenaikan harga lisensi Cpanel yang memaksa berbagian provider untuk mengubah berbagai layanan, ada yang mengganti Cpanel ke DirectAmin atau Plesk.

Tapi untuk Dracoola sepertinya tidak berpengaruh sama sekali.

Tersedia Fitur Backup Harian Untuk Semua Paket

Layanan Backup data merupakan layanan atau service yang umum diberikan oleh setiap penyedia layanan hosting, namun yang membedakan Dracoola dan penyedia yang lain adalah Backup Harian.

Ya, layanan backup harian sangat jarang diberikan oleh penyedia layanan hosting, bahkan beberapa hanya memberikan layanan backup harian apabila kita menggunakan Paket tertentu saja (biasanya premium).

Di Dracoola Anda bisa mendapatkan layanan backup harian di seluruh paket yang ditawarkan tanpa terkecuali.

Gratis Migrasi Hosting

Layanan migrasi merupakan layanan umum yang biasa diberikan oleh penyedia layanan hosting untuk pelanggan mereka yang ingin memindahkan website mereka dari hosting lain sebelumnya.

Asiknya, layanan yang Dracoola berikan bukan hanya hosting to hosting saja, tapi file ke hosting juga, maksudnya jika Anda sebelumnya sudah membackup semua data website anda kedalam filze Zip dan tidak bisa menguploadnya, Anda bisa menghubungi tim support untuk membantu Anda.

Kekurangan Menggunakan Dracoola Multimedia

Rata-rata Uptime yang Buruk

Baik, ada semua kabar buruk yang harus Anda tau, dibalik kecepatan akses dan support yang luar biasa, Dracoola memiliki nilai buruk di Uptime. Berdasarkan hasil monitoring dari site24x7 selama 5 bulan terakhir, Dracoola memiliki Uptime 99,73%, yang artinya dalam sebulan server Dracoola dapat down selama kurang lebih 1-5Jam atau sebanyak 24-111 kali down.

Ya, ini memang sangat buruk. Tapi apakah masih worth it? Atau masih diakali? Untuk worth it atau tidak ini kembali kepada kebutuhan Anda. Tapi apakah bisa diakali, tentu bisa. Anda bisa menggunakan Cloudflare untuk membuat Caching data sehingga meski server mati sekalipun website Anda tetap bisa diakses, dengan catatan alamat yang website yang dikunjungi sudah ada dibuat Cache di Cloudflare.

Gagal Dalam Pengujian Load Impact, baik pada test dengan 25 Virtual User, Maupun 50 Virtual User

Selain Uptime yang buruk, kemampuan server Dracoola juga sangat kurang. Dalam uji Stress dengan tools load impact, server Dracoola tidak mampu menangani aktifitas aktif yang dilakukan oleh 25 Virtual User dan 50 Virtual User.

Hemm.. agak berat untuk merekomendasikan Dracoola untuk website yang memiliki pengunjung hingga 1000 unique visitor per day.

Garansi Hanya Berlaku Selama 14 Hari

Yap, jika pada umumnya garansi diberikan 30 hari, di Dracoola, Anda hanya mendapatkan 14 Hari garansi. Jika Anda tidak puas tapi sudah memakai Dracoola lebih dari 14 hari, maka garansi Anda hangus.

Penuh Dengan Keterbatasan

Kekurang yang terakhir adalah penuh dengan keterbatasan, diharga yang lumayan mahal dibandingkan penyedia layanan hosting lainnya.

Batasan-batasan yang diberikan berupa Disk Space, yang umumnya sudah unlimited, Addon domain yang maksimal 25 domain pada paket termahal “MIDNIGHT” baik Server USA maupun Server Indonesia. Dan ada nya batasan Bandwidth perbulannya.

Ya sebetulnya di provider lainpun juga terbatas hanya saja mereka memiliki teknologi lain seperti inodes yang mengganti ukuran Disk Space/Storage menjadi jumlah file. Jadi seolah-olah berapa gigapun yang masuk, selama jatah jumlahnya masih bakalan masuk.

Leave a Comment