Review Hostinger Indonesia : Apakah Cocok Untuk Dibeli?

Review Hostinger Indonesia : Apakah Cocok Untuk Dibeli? – Hostinger, adalah sebuah provide hosting yang sudah berdiri sejak tahun 2004, bagi Anda yang pernah kenal dengan idhostinger itu adalah langkah awal yang dilakukan oleh hostinger untuk menyediakan layanan hosting gratis kepada para pemula dalam dunia website.

Hingga saat ini, Hostinger telah memiliki lebih dari 29 Juta pengguna yang tersebar luas di seluruh dunia. Dalam hitungan hari, Hostinger mengklaim memiliki perkiraan pelanggan baru sebanyak 15.000 setiap harinya.

hostinger home
hostinger home

Sebuah pencapaian yang luar biasa, terlebih lagi Provider hosting yang dulunya bernama Hosting Media ini tidak menggunakan Cpanel seperti kebanyakkan provider hosting di Tanah Air. Hostinger lebih memilih menggunakan teknologi mereka sendiri yang lebih simple dan lebih mudah digunakan.

Dengan jumlah pengguna dan teknologi yang saat ini Hostinger, apakah sudah menjamin kualitas yang dimiliki Hostinger? Belum tentu sebab kuantitas terkadang tidak selalu sejalan dengan kualitas.

Terlebih lagi dengan banyaknya reviewer bayaran yang membuat semakin membuat para calon-calon pelanggan web hosting menjadi bingung memilih hosting terbaik untuk mereka, sebab dengan kondisi semacam itu tentu semua provider pasti mengatakan dirinya adalah yang terbaik, termurah, tercepat dan bla bla bla.

Kelebihan Menggunakan Hostinger

Mungkin akan lebih berimbang jika kita membahas kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Hostinger.

Layanan Support yang Cepat dan Baik

Layanan Support adalah salah satu point penting dalam penilaian apakah Provider hosting itu memiliki kualitas yang bagus adalah seberapa responsif layanan support yang mereka miliki, baik melalui tiket support maupun live chat yang mereka sediakan.

Dan kelebihan yang pertama yang dimiliki oleh Hostinger adalah layanan support yang bagus, tidak seperti layanan support kebanyakkan provider dimana ketika Anda bertanya hal-hal teknis Anda akan diberikan link panduan dan Anda diminta untuk membacanya sendiri.

Di Hostinger Anda tidak akan mendapatkan hal semacam itu, Selain mendapat respon cepat kurang dari 5 menit, Anda juga akan dilayanani secara manusiawi bahkan hingga hal-hal teknis.

Menggunakan Control Panel Sendiri

Sepertinya yang udah dijabarkan diatas, bahwa Hostinger tidak menggunakan Cpanel, mereka membangun Control panel sendiri untuk hosting mereka, yang terbilang cukup sederhana dan mudah digunakan.

Dan sepertinya memang difokuskan pada penggunaan. Tidak seperti Cpanel, fitur banyak tapi belum tentu digunakan semua.

Denganl panel ini, Anda dapat melakukan pengeceka order akun hosting dengan lebih mudah, jadi Anda dapat mengetahui informasi perpanjangan, upgrade ataupun mengubah domain dengan lebih mudah.

Garansi 30 Hari Tanpa Syarat

Dan lagi, tidak seperti kebanyakkan provider hosting yang ada ditanah air yang memberikan syarat dan ketentuan khusus (kadang berbelit-belit) untuk mengklaim garansi, di Hostinger akan mengembalikan uang Anda apabila dalam waktu 30 hari pertama Anda merasa tidak puas dengan layanan yang diberikan oleh Hostinger.

Gratis Migrasi Hosting dan Gratis Domain Pada Paket Tertentu

Migrasi Hosting, dari hosting lama yang Anda miliki ke hosting yang Anda beli di Hostinger, Hostinger akan memberikan layanan Gratis Migrasi. Tentunya Anda sudah berlangganan hosting dihostinger sebelum melakukan Migrasi.

Bahkan jika Anda berlangganan minimal paket Premium dengan minimal berlangganan 12 bulan, Anda akan mendapatkan domain secara gratis.

Garansi Uptime Dengan Klaim Credit 5% Dari Biaya Monthly Hosting Fee

Maksudnya adalah, Hostinger akan memberikan potongan harga sebanyak 5% dari total biaya bulanan yang harus dibayarkan pada bulan tersebut. Garansi ini dapat Anda klaim ketika dalam bulan tersebut website atau hosting yang Anda gunakan mengalami Down atau Uptime kurang dari 99,90%.

Namun Anda harus rajin-rajin memantau uptime server di https://stats.hostinger.com/,  dan Anda harus mengklaim, ya terhitung lumayan lah dapat potongan harga 5%, provider mana lagi yang memberikan layanan semacam ini.

Ada Halaman Pengetahuan Dasar dan Tutorial yang Lengkap

Sebagai provider yang sudah lama berdiri, tentu tidaklah aneh jika hostinger memiliki sebuah halaman khusus yang berisi pengetahuan-pengetahuan dasar tentang hosting dan web yang tentunya sangat berguna bagi para pengguna Hostinger.

Halaman ini bisa Anda gunakan untuk mempelajari pengelolaan website dan hosting sehingga Anda mengatasi permasalahan Anda sendiri.

Kekurangan Menggunakan Hostinger

Setelah mencoba mengurai kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Hostinger, tidak adil rasanya kalau kita tidak mengurai juga kekurangan kekurangan yang dimiliki oleh Hostinger.

Server Sering Sekali Mengalami Downtime

Meski mereka menggaransi uptime server mereka tidak kurang dari 99,90% namun ternyata setelah pengujian selama 5 bulan, didapati bahwa server Hostinger cukup sering mengalami down 2 hingga 14 kali down disetiap bulannya dengan lamanya down 11 menit hingga 12 Jam.

Ya ini terbilang buruk, meskipun mereka menggaransi 5% tapi tidaklah cukup mengganti rugi akibat hilangnya trafik, sebab di dua bulan terakhir tercatat uptime server Hostinger kurang dari 99,90%, yakni 99,82% yang menyebabkan Down 2x dengan total lamanya 1 Jam.

Dan 98,36%, down sebanyak 8x dengan total lamanya 12 Jam.

Rata-rata Page Load Time yang Lambat

Dalam pengujian yang sama, page load time yang dimiliki Hostinger terhitung lambat yaitu 1,88 detik, dari yang direkomendasikan 1 detik.

Harus Log In Untuk Melakukan Live Chat dengan Support

Sempat disinggung diatas, bahwa live chatnya hanya tersedia hanya ketika Anda login atau masuk ke hostinger dan tidak tersedia secara umum sebagaimana penyedia layanan hosting pada umumnya.

Jadi ketika Anda bukan pelanggan Hostinger Anda tidak akan bisa berkomunikasi dengan Hostinger via live chat.

Ya dari sini mungkin saja, 15.000 pelanggan baru yang daftar disetiap hari itu sekian persen hanya daftar untuk chat saja dan tidak berlangganan paket apapun di hostinger.

Gagal Dalam Test Load Impact

Test Load Impact adalah sebuah tes yang dilakukan untuk menguji apakah server mampu menampung banyak user aktif yang aktif secara bersama, cara kerja dari Load Impact adalah dengan mengirimkan robot dari 0 – 50 secara bertahap dalam waktu 3 menit.

Dalam pengujian ini Server Hostinger tidak mampu menangani 25 user aktif dalam 3 menit. Yang ditandai dengan munculnya peringantan “performance issue”.

Harga Paket Hostingnya Murah jika Anda berlangganan durasi lama

Meski berlangganan Hosting di Hostinger terlihat murah 8.739/bulan tapi harga tersebut tidak akan Anda dapatkan jika Anda hanya berlangganan hanya 12 bulan. Anda akan mendapatkan harga 8.739/bulan ketika Anda berlangganan minimal 48 bulan atau 4 tahun.

Ya itu adalah sebuah strategi marketing yang memaksa Anda untuk membeli dalam jangka panjang agar Anda mendapatkan harga yang lebih murah. Sebab jika Anda hanya berlangganan 12 bulan, Anda akan mendapatkan harga 21.305/bulan.

Tidak ada Free SSL Pada Paket “Single” dan “Premium”

Tidak seperti kebanyakan penyedia layanan hosting yang menyediakan fasilitas Free SSL pada semua paket web hosting yang mereka tawarkan, di Hostinger Anda hanya akan mendapatkan Free SSL hanya pada paket Bisnis.

SSL adalah sebuah keamanan yang memungkinkan kita dapat menjaga kerahasaiaan data yang kita kirim, penggunaan SSL ini sudah menjadi standar dunia. Jadi agaknya kurang ketika mereka tidak memberika layanan ini, meskipun dipaket Single dan Premium bisa dibilang tidak ada keperluan bisnis, tapi standar tetaplah standar.

2 thoughts on “Review Hostinger Indonesia : Apakah Cocok Untuk Dibeli?”

  1. Hey there 🙂

    Your wordpress site is very sleek – hope you don’t mind me asking what theme you’re
    using? (and don’t mind if I steal it? :P)

    I just launched my site –also built in wordpress like yours–
    but the theme slows (!) the site down quite a bit.

    In case you have a minute, you can find it by searching for “royal cbd” on Google (would appreciate any feedback)
    – it’s still in the works.

    Keep up the good work– and hope you all take care of yourself during the coronavirus scare!

    Reply

Leave a Comment