Review IDCloudHost Cloud Hosting Indonesia dengan Server Terbaik

Review IDCloudHost Cloud Hosting Indonesia dengan Server Terbaik – Siapa sih yang belum kenal IDCloudHost? Yap, sebagai provider hosting yang pertama kali muncul pada bulan Juni 2015 lalu, IDCloudHost menjadi sebuah layanan hosting yang cukup terkenal di tanah air yang hingga saat ini telah memiliki lebih dari 40.000 pelanggan yang menggunakan layanan mereka, meski terkenal di tanah air, pelanggan IDCloudHost tidak hanya berasal dari indonesia saja tapi juga berasal mancanegara.

Yap, meski baru klaim sepihak dari IDCloudHost, tapi menjadi terkenal dalam 4 tahun bukanlah perkara mudah, apalagi dengan ketatnya persaingan bisnis hosting yang terus saja meningkat dari tahun ketahun ditanah air ini.

Dengan menyanding istilah “Cloud” pada nama mereka, IDCloudHost ingin mengisyaratkan bahwa semua layanan mereka telah menggunakan teknologi cloud terbaru dengan performa speed, uptime dan hardware-hardware yang terbaik dibandingkan provider hosting lainnya.

Berdasarkan apa yang ditulis dari halaman resmi mereka, IDCloudHost mengkalim memiliki uptime 99,99% ( klaim yang berani, dimana provider lain biasanya hanya 99,95% ), dengan hardware menggunakan prosesor Intel E5 dan SSD sebagai penyimpanan atau storage yang jauh lebih cepat dari HDD biasa.

Tentu klaim-klaim semacam itu sudah bukan hal yang “wah” lagi, sebab semua provider ditanah air maupun di manca negarapun melakukan hal yang sama. Ada yang bilang tercepat, terbaik, No. 1 Di Indonesia seperti MasterWeb, termudah dan lain-lain. Namun seringnya tidak sesuai dengan realitanya, bahkan terkadang jauh dari ekspetasi klaim-klaim yang mereka lontarkan.

review idcloudhost
review idcloudhost

Lalu bagaimana mengetahui mereka atau IDCloudHost benar-benar bagus atau tidak? Ya, mungkin agak susah jika kita tidak menggunakan atau merasakan secara langsung layanan mereka, sebab mencari-cari reviewpun terkadang malah membuat bingung, sebab banyak reviewer bayaran yang hanya mengatakan baik-baiknya saja dan menambah kebingungan calon pengguna.

Dan dari pada mengatakan bagus atau tidaknya layanan mereka atau IDCloudHost, akan lebih bijak jika kita membahas kelebihan dan kekurangan dari IDCloudHost, dengan tujuan untuk mengetahui apakah IDCloudHost cocok dengan kebutuhan yang kita sebenarnya kita butuhkan.

Kelebihan Menggunakan IDCloudHost

Rata-rata Page Load Time yang Cukup Cepat

Sebuah kabar baik sebagai pembuka kelebihan dari IDCloudHost, yap page load time yang cukup cepat, bahkan lebih cepat dari rata-rata provider hosting yang ada di Tanah Air.

Dalam uji coba selama 5 bulan melalui tool Site24x7 mengungkapkan bahwa rata-rata page load time yang dimiliki server IDCloudHost adalah 0,861 detik, dimana pada provider hosting pada umumnya berkisar 1 detik lebih (bahkan beberapa lebih dari 2 detik).

Layanan Support yang Cukup Baik

Dalam sebuah layanan hosting terdapat beberapa parameter yang menjadi tolak ukur dari sebuah provider hosting dikatakan bagus atau tidak, yang pertama adalah kecepatan, uptime dan support.

Dari hal di atas tentu saja membuat kecepatan yang dimiliki server IDCloudHost tidaklah cukup untuk mengatakan layanan IDCloudHost sudah baik.

Dan ternyata dari sisi supportpun, IDCloudHost bisa dibilang cukup baik, bahkan mereka memberikan respon yang cukup cepat (rata-rata kurang dari 5 menit sudah direspon) dan mereka juga ramah.

Hanya saja ketika Anda bertanya hal-hal teknis Anda hanya akan mendapatkan link dari sebuah panduan yang pada akhirnya Anda akan diminta untuk membacanya sendiri, sebel? Ya tapi mau bagaimana lagi support semacam itu sudah umum digunakan oleh banyak provider di tanah air.

Pilihan Paket Hosting Fleksibel

Yap, dengan banyaknya paket yang ditawarkan oleh IDCloudHost, Anda bisa lebih gampang memilih paket mana saja yang Anda anggap cocok untuk kebutuhannya.  Selain harganya relatif murah, 15.000/bulan dengan Storage 1GB, bandwidth unlimited dan CPU 1 core, IDCloudHost juga menyediakan pilihan panel, Cpanel dan Plesk.

Cpanel dan Plesk sebetulnya mirip-mirip dengan Cpanel, hanya saja Cpanel lebih familiar digunakan oleh para pengguna hosting. Selain itu tidak banyak hosting yang menggunakan plesk sebagai panel sehingga banyak yang tidak tau apa itu plesk.

Memberikan Garansi Selama 30 Hari Tanpa Syarat

Anda tidak puas dengan layanan IDCloudHost? Anda bisa meminta garansi kepada mereka dan tanpa syarat yang ketat dan ribet.

Tidak seperti halnya provider hosting lainnya yang mengharuskan Anda untuk melakukan ini dan itu untuk mengklaim garansi yang seharusnya Anda dapatkan. Bahkan Ada provider hosting yang mengharuskan Anda untuk menggunakan tools tertentu sebagai alat bukti kekecewaan Anda.

IDCloudHost hanya memberi syarat 30 Hari pertama, artinya kalau Anda sudah menggunakannya lebih dari 30 hari, garansi Anda hangus alias tidak berlaku lagi.

Gratis Domain dan Migrasi atau Transfer Hosting

Dari sekian banyak kelebihan yang ada mungkin ini yang Anda butuhkan. Yap, meski layanan migrasi hosting lama ke hosting baru di IDCloudHost bukanlah layanan unik alias provider juga melakukan tapi ada satu poin plussss, yaitu diskon hosting 50% bagi Anda yang ingin pindah hosting dari provider lain ke IDCloudHost.

Bahkan bagi Anda yang menggunakan paket Business Pro dengan minimal langganan 1 tahun, Anda berhak mendapatkan 1 domain gratis selama 1 tahun. Lumayankan?

Menjalankan Program Sosial Untuk Membantu Orang Banyak

Tak banyak provider hosting yang memberikan atau memiliki program sosial yang bertujuan membantu orang banyak.

IDCloudHost memiliki 3 program CSR, Beasiswa pendidikan, NGO (Non Government Organization) Digital untuk membantu organisasi non pemerintah dan Ekabima untuk membantu sekolah-sekolahan.

Kekurangan Menggunakan IDCloudHost

Tidak ada WhatsApp Chat

Meski layanan IDCloudHost yang cukup bagus, namun mereka melewati satu fitur yang sangat membantu Customer untuk mengubungi pihak IDCloudHost yaitu WhatsApp, dengan ada nya WhatsApp pastinya Customer lebih mudah mengonfirmasi pesanan, melapor error pada hosting dan hal positif lainnya.

Proses Aktifasi Layanan Yang Lama

Seharusnya saat selesai membeli hosting layanan langsung aktif, namun hal ini berbeda Customer harus mengonfirmasi pesanan dan Upload bukti pembayaran, proses ini memakan waktu aktifasi yang lama.

Namun pihak IDCloudHost sudah memberikan solusi pembayaran aktifasi Instan.

Leave a Comment