Review Jetorbit : Apakah Hosting Ini Layak Digunakan? – Jetorbit adalah penyedia hosting yang berdiri pada tahun 2012 dan terhitung sebagai pendatang baru dalam dunia perhostingan di Indonesia. Meskipun baru Jerorbit masuk sebagai pernyedia hosting yang cukup terpercaya dengan berbagai layanan ditawarkan.

Sama dengan beberapa penyedia hosting terkenal, seperti, Niagahoster, Hostinger Indonesia, Domainesia, dan Jogja Host. Kantor jetorbit berlokasi di Kabupaten Sleman Jogja.

Review Jetorbit
Review Jetorbit

Ya, Agaknya sekarang jogja tidak hanya dikenal sebagai kota pelajar saja, tapi juga kota developer. Mengingat banyak perusahaan Hosting dan perusahaan berbasis IT yang mengibarkan bendera disana.

Apa yang Jetorbit Lakukan?

Tidak ada yang bisa dijelaskan lebih detail tentang Jetorbi selain kalimat “Jetorbit (PT Jetorbit Teknologi Indonesia) adalah penyedia layanan hosting murah berkualitas dan domain indonesia dan internasional dengan jaminan uptime 99,9%” sebagai penjelasan tentang diri mereka.

Entah ini sengaja atau memang kebetulan halaman yang saat ini digunakan belum 100% rampung, sehingga informasi yang biasa termuat dihalaman “tentang kami” tidak ada. Sehingga kita tidak bisa tau apa yang sudah Jetorbit lakuakn selama 2012 hingga sekarang.

Namun untuk halaman Home, Jetorbit berusaha melabeli diri mereka sebagai penyedia hosting termurah dengan menghadirkan menu, banner, dan teks yang menyampaikan bahwa layanan mereka adalah yang paling murah.

Seperti Menu Web Hosting Murah, Hosting Semurah Kopi dan paket-paket dengan harga yang terbilang sangat murah, yakni 12ribuan.

Jetorbit juga menghadirkan logo dari perusahaan yang pernah menggunakan jasa Jetorbit, dan perusahaannya bukan perusahaan kecil, yang bisa dibilang luar biasa untuk penyedia hosting yang baru saja berdiri pada tahun 2012.

Kelebihan dari Jetorbit

Baik ini adalah bagian yang ditunggu-tunggu, bagian yang mana akan menjelaskan apa saja kelebihan yang dimiliki Jetorbit.

Performa Server Bagus

Dilansir dari berbagai situs, maupun blog, banyak yang mengatakan bahwa Jetorbit adalah penyedia hosting yang sangat terpercaya dan harganya pun terjangkau.

Ya, semua situs atau blog juga mengatakan hal semacam itu, mengingat ada jasa review bayaran yang bisa saja memalsukan informasi karena ada kepentingan tertentu, seperti branding, SEO atau Backlink untuk mendongkrak popularitas Jetorbit dimata calon pelanggan.

Meskipun ada kemungkinan bayaran situs atau blog-blog tersebut tidak melulu menghadirkan informasi yang “dibagus-baguskan” saja. Dan tidak semua situs atau blog tersebut menerima bayaran, alias pure testimoni, salah satunya penasehathosting.com.

Terlepas dari bayaran atau tidak, penasehathosting telah menyajikan Data terkait performa hosting dalam periode waktu 3-4 bulan testing.

Dan untuk Jetorbit tercatatan memiliki 3 poin penting yang sangat diidam-idamkan oleh para pengguna hosting, yaitu:

  • Uptime 99,93% dengan standar stabil atau bagus ada pada 99,90%. Penting untuk diketahui, meski 99,93% dan 99,90% hanya beda 0,03% tapi itu adalah angka yang banyak untuk ukuran uptime, sebab 99,93% memiliki kemungkinan downtime sebanyak 6 Jam selama setahun, sedangkan 99,90%, 8 jam setahun.
  • Load Time 0,799 detik, yang sangat bagus karena dibawah 1 detik.
  • No Performance Issus saat dites dengan Load Impact, beberapa hosting terkenal memiliki issus saat dites.

Gratis Domain

Sama dengan penyedia layanan hosting lain, Jetorbit juga memberikan penawaran gratis domain saat membeli paket hosting murah di jetorbit, minimal jika Anda berlangganan paket Bisnis Venus dengan durasi tahunan.

Khusus untuk paket Jupiter, jetorbit menawarkan free perpanjangan domain yang sudah Anda beli diawal pembelian paket hosting jupiter dan akan terus gratis selama Anda berlangganan hosting di Jetorbit.

Gratis Migrasi Hosting

Hampir mirip-miriplah dengan semua penyedia hosting lainnya, saat Anda memutuskan untuk pindah ke Jetorbit, Anda akan mendapatkan layanan gratis migrasi dari hosting lama Anda ke Jetorbit.

Gratis Template Premium dari Divi

Berita bagus bagi Anda pengguna WordPress, sebagai salah satu klaim hosting yang cocok dengan wordpress, jetorbit memberikan gratis install Template Premium dari Divi.

Sehingga kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan page builder sekeren Divi, dan Andapun bisa membangun website tanpa harus koding.

Ya, itu adalah klaim dari Divi, faktanya kita harus tau HTML, CSS, dan mungkin JS apabila ada bagian yang perlu dicustom karena tidak dicover oleh Divi.

Kekurangan Menggunakan Jetorbit

Bagian kedua yang dinanti-nanti adalah Kekurangan, bagian kekurangan ini sangatlah penting sebagai bahan pertimbangan Anda untuk menggunakan layanan hosting dari suatu provider, mengingat bahwa tidak ada yang namanya sempurna dalam layanan hosting.

Sehingga kita hanya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan yang kita miliki.

Dan berikut kekurangan-kekurangan dari Jetorbit yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan.

Aturan Garansi Hosting yang Sangat Ketat = Tidak Ada Garansi

Sebenarnya Garansi Hosting uang kembali menjadi salah satu alasan untuk menggunakan jetorbit, tapi nampaknya hampir mustahil untuk mengklaim garansi yang ditawarkan oleh jetorbit karena aturannya sangatlah ketat.

Aturan pertama jika Anda ingin mengklaim Garansi, hosting yang Anda gunakan harus memiliki uptime kurang dari 99% atau jika dihitung menit, dalam sehari down sebanyak 15 menit, atau 1jam 40menit selama seminggu, atau 7jam 15 menit selama sebulan. Dan itu harus dengan bukti.

Tentu Jetorbit tidak akan langsung percaya apabila Anda mengklaim bahwa situs Anda memiliki downtime kurang dari 99% tanpa ada bukti yang jelas. Bukti ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan situs-situs khusus untuk memonitoring uptime. Seperti pingdom misalnya.

Namun, untuk mengklaim garansi, Anda diharuskan menggunakan UptimeRobot.com sebagai situs yang memonitoring uptime situs Anda. Jika tidak, Anda tidak bisa mengklaim Garansi tersebut.

Backup Hanya Dilakukan 1x Dalam Seminggu

Seperti Niagahoster, Jetorbit hanya menyediakan layanan backup 1x dalam seminggu, bagi situs-situs yang jarang sekali update tentu tidak begitu masalah karena kecil kemungkinan akan terjadi kehilangan data apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Namun akan sangat berbeda bagi para blogger yang notabene hampir setiap hari update, sehingga peluang untuk kehilangan data sangatlah besar.

Tapi bagi Anda pengguna WordPress tidak perlu terlalu mengkhawatirkan hal ini, sebab sudah banyak plugin yang menawarkan fitur backup automatis bahkan beberapa memiliki fitur upload ke google drive, dropbox dan lain-lain untuk keamanan.

Ada Denda Sebesar +30% dari Biaya Perpanjangan Hosting Jika Telat Membayar Lebih dari 5 Hari

Terakhir bagi Anda yang berfikir untuk menggunakan layanan dari Jetorbit sebaiknya Anda harus tau bahwa jetorbit memberikan dendan sebesar 30% (lebih) dari total tagihan yang harus dibayar untuk perpanjangan hosting.

Denda akan diberikan ketika Anda terlambat membayar hosting selama lebih dari 5 hari dari jatuh tempo yang sudah diberikan.

Tapi tidak perlu khawatir, jetorbit akan memberitahu Anda melalui Email dan SMS jika masa penagihan Anda sudah dekat, biasanya Jetorbit akan memberitahu Anda pada 3 hari sebelum, hari kedua sesudah, hari ke 3 sesudah dan hari ke 5 sesudah tanggal jatuh tempo penagihan.