Review SiteGround : Hosting Dengan Uptime Mengesankan – Jika biasanya kita bahas tentang penyedia layanan yang ada di tanah Air Indonesia tercinta, kali ini kita akan bahas tentang penyedia hosting dari luar negeri, SiteGround, satu dari ribuan penyedia layanan hosting yang ada di dunia yang lumayan diakui performa dan layanannya.

Sebagai provider layanan hosting yang didirikan sejak tahun 2004 oleh sebuah group “IT Enthusiast” hingga saat ini SiteGround masuk dalam kategori 3 web hosting direkomendasikan oleh WordPress.

4 Web Hosting tersebut adalah Bluehost, Dreamhost, SiteGround, jadi bagi Anda pengguna WordPress bisa menjadikan SiteGround sebagai partner Anda dalam urusan perhostingan.

Sebagai penyedia layanan hosting, Siteground tidaklah sama dengan penyedia layanan hosting pada umumnya, dan memang nampaknya SiteGround menfokuskan diri pada para pengguna WordPress yang ada diseluruh dunia.

Dapat terlihat layanan hosting yang didominasi dengan segala keuntungan SiteGround jika Anda menggunakan CMS WordPress untuk website Anda.

Ya memang masuk akal wordpress memiliki banyak pengguna yang tersebar diseluruh dunia, mulai dari personal blogging hingga ke perusahaan-perusahaan besar.

Review SiteGround
Review SiteGround

Dan seperti biasa kita akan membahas beberapa kelebihan dan kekurangan dari SiteGround sebagai penyedia layanan hosting, dan semoga dapat menjadi pertimbangan Anda untuk memilih Layanan Hosting yang cocok untuk kebutuhan Website Anda.

Kelebihan Menggunakan SiteGround

Sebenarnya banyak sekali poin yang bisa dijadikan sebagai keunggualan atau kelebihan SiteGround, mengingat SiteGround adalah penyedia layanan hosting yang sudah berdiri lebih dari 15 Tahun.

Dengan pengalaman yang sudah sangat lumayan, tentu SiteGround tidak bisa dibilang sebagai penyedia hosting kaleng-kaleng apalagi levelnya sudah internasional.

Rata-rata Uptime 99,99%

Meski tidak mengklaim mereka memiliki uptime 99,99% atau bahkan 100% atau minimal menjamin uptime tersebut. SiteGround ternyata memiliki uptime yang sangat mengesankan, yaitu 99,99% berdasarkan testing selama kurang lebih 12 bulan dengan menggunan tools monitoring dari Pingdom.

Selama 12 bulan tersebut server SiteGround mengalami downtime kurang lebih 22 menit dan outages sebanyak 9 kali saja.

Ini sangat luar biasa sekali, jika dibandingkan dengan penyedia hosting ditanah air, sangat sedikit penyedia layanan hosting yang memiliki performa seperti SiteGround.

Load time dan Server Response Cepat

Memiliki uptime yang cukup cepat bahkan lebih cepat dari kecepatan rata-rata web hosting baik didalam maupun diluar negri. Yakni kurang dari 1 detik.

Bahan Server Respon nya pun masuk dalam kategori cepat, karena memiliki respon Server rata-rata kurang dari 200ms bahkan diakses dari Indonesia. Jika target Anda di US atau amerika repon server dan loadtime akan lebih cepat, kurang lebih 50ms.

Tim Support yang Bagus

Salah satu poin seseorang bertahan atau loyal dalam menggunakan sebuah layanan hosting yang mereka gunakan adalah support dari penyedia layanan hosting mereka bagus, respon cepat, dan menggunakan manusia.

Artinya ketika kita menyakan sesuatu hal yang bersifat teknis, kita tidak hanya disodorkan sebuah link kemudian kita diminta untuk membaca sendiri. Ya bagi Anda yang suka membaca tentu tidak masalah, tapi agak menyebalkan saja seolah mereka tidak mau menjawab.

Sayangnya metode semacam itu sudah menjadi lazim untuk penyedia layanan hosting dimanapun.

Namun berbeda dengan SiteGround, meski mereka memiliki ribuan customer dari seluruh dunia yang mungkin saja mengirim tiket, panggilan telfon atau chatting yang mungkin saja melakukan pada waktu yang hampir bersamaan, SiteGround mampu merespon dengan sangat cepat. Hanya dalam hitungan menit.

Selain itu mereka juga memberikan jawaban yang sangat memuaskan baik pertanyaan yang berkaitan dengan layanan maupun pertanyaan yang sifatnya sangat teknis sekalipun.

Nah perlu Anda ketahui adalah mereka menjawab dengan bahasa Inggris bukan bahasa Indonesia. Jadi bagi Anda yang belum bisa bahasa inggris, gunakan selalu google translate agar Anda bisa tau apa yang mereka katakan.

Memiliki ‘Auto’ Managed WordPress Hosting

Ya lagi-lagi khusus WordPres, SiteGround Menawarkan banyak sekali tools untuk meng-improvement website WordPress Anda, seperti Auto Update tema, plugin hingga core WordPress, sehingga Anda tidak perlu melakukan checking dan updating secara manual.

Ada juga beberapa tools seperti cloudflare dan SuperCacher untuk meningkatkan kecepatan akses website Anda, meskipun Anda memiliki file-file gambar yang banyak sekalipun.

Ada Jaminan Uang Kembali

Sebagai provider hosting veteran, Siteground juga memberikan layanan Jaminan Uang Kembali sebagai bentuk garansi kepada Kepuasan Anda atas layanan yang mereka berikan.

Garansi ini berlaku selama 30 Hari dari pembayaran layanan, dan jika Anda merasa kecewa dalam menggunakan layanand dari SiteGround, Anda bisa mengklaim dan meminta uang anda kembali, Ingat garansi hanya berlaku 30 hari saja.

Gratis Migrasi Hosting

Seperti halnya provider hosting lainnya, SiteGround juga menawarkan layanan untuk memindahkan data-data website Anda dari hosting lama ke hosting baru dari SiteGround.

Tentu sebelumnya Anda harus membeli Hosting dari SiteGround terlebih dahulu.

Harga Hosting Yang Bersaing

Meski berskala internasional, teryata SiteGround tetap menawarkan harga yang lumayan murah, walaupun tidak murah-murah amat.

Di situs resmi SiteGround.com, SiteGround menawarkan harga dalam hitungan bulan, namun harga yang difokuskan ( diberi ukuran besar ) adalah harga jika Anda berlangganan selama 1 tahun.

Dilihat dari perbedaan harga jika kita berlangganan bulanan dan berlangganan tahunan terbilang cukup besar. Ini jelas bahwa kita dipaksa untuk berlangganan minimal 1 tahun, agar dapat harga murah.

Kekurangan Menggunakan SiteGround

Baik, tentu kita sudah sangat paham bahwa tidak ada yang namanya layanan hosting yang sempurna, begitu juga SiteGround, meskipun memiliki seabreg kelebihan tetap saja memiliki kekurangan.

Diantaranya adalah sebagai berikut:

Metode Pembayaran Menggunakan Kartu Debit/Kredit

Ya, untuk ukuran orang Indonesia, penggunaan kartu Debit atau Kredit bisa dibilang masih sayang jarang. Sehingga ini masuk dalam kategori kekurangan.

Solusinya adalah kita menggunakan BNI VCN, Jenius yang memiliki fitur Debit, atau kartu-kartu lain yang memiliki logo Visa dan mengijinkan transaksi online.

Ada “Setup Fee” Untuk Pembayaran Bulanan

Untuk Anda yang ingin mencoba Trial atau mencoba untuk berlangganan hosting di SiteGround secara bulanan, lebih baik jangan kecuali Anda rela membayar lebih. Jika pun rela lebih baik setahun sekalin.

Karena SiteGround memberikan biaya Setup yang luar biasa mahal, yakni $14,95, dan itu harus Anda bayar setiap bulan.

Jadi sebaiknya lakukan pembelian satu tahun penuh, dan Anda tidak perlu khawatir, dari sekian banyak review, SiteGround tidak pernah mengecewakan para customer, mulai dari layanan hingga performa server yang mumpuni.

Jikapun Anda kecewa, karena lemot, terlalus sering down, Anda masih bisa menggunakan Garansi 30 Hari untuk mendapatkan uang Anda kembali.

Disk Space/Storage yang Terbatas

Mungkin bagian inilah yang akan menjai pertimbangan Anda untuk memilih SiteGround atau tidak, pasalanya saat ini hampir semua penyedia layanan hosting memberikan layanan unlimited storage sehingga Anda bebas mengupload apapun dan berapapun ukurannya.

Namun tidak untuk SiteGround, untuk paket StartUp, SiteGround memberikan Disk Space sebesar 10GB dan untuk paket termahal GoGeek, diberikan 30GB.

Namun tidak perlu khawatir, ukuran tersebut tidaklah terlalu kecil, jika mayoritas website Anda berisi teks maka 10GB sudah dapat menampung ribuan artikel.